HUBUNGAN SATU TITIK MERIDIAN DENGAN YANG LAIN
1.DU/ GV (Governing Vessel)
Catatan :
CV-1 Huiyin dan CV-24 Chengjiang diklasifikasikan sebagai titik pertemuan meridian CV dan GV.
Meridian GV adalah satu dari delapan meridian istimewa, di mana meridian GV memiliki titik akupunktur tersendiri sehingga dimasukkan dalam 12 meridian utama (total 14 meridian). Enam meridian istimewa lain tidak memiliki titik akupunktur tersendiri tetapi meminjam titik dari meridian lain.
Meridian GV pada prinsipnya dipahami sebagai meridian naik melewati tulang belakang ke otak. Seperti deskripsi di atas, bagaimanapun, jalur ketiga naik ke bagian depan tubuh, sementara cabang CV naik dari rongga panggul, masu ke tulang belakang dan naik ke atas punggung.
Li Shi Zhen mengatakan :"CV dan GV seperti tengah malam dan tengah hari, mereka adalah poros kutub tubuh... Ada satu sumber dan dua cabang, satu menuju ke depan dan yang lain menuju ke belakang tubuh... Saat kami mencoba memisahkannya, kami melihat bahwa yin dan yang tidak dapat dipisahkan; dan saat kami mencoba melihat mereka sebagai suatu kesatuan, kami melihat sebagai suatu keseluruhan yang tak terpisahkan."
Perlu dicatat/diketahui :
Perjalanan meridian dalam masuk ke otak pada Fengfu DU-16 dan di vertex pada DU-20 Baihui.
Perjalanan meridian dalam naik di dalam tulang belakang dan sepanjang sisi tulang belakang.
Perjalanan meridian dalam masuk ke ginjal
Perjalanan meridian dalam melewati jantung
Perjalanan meridian dalam memutar sekitar anus
Perjlanan meridian dalam memutar seikitar alat kelamin
Meridian luo menyebar melewati tengkuk
Aksi dan indikasi meridian GV :
Mengobati penyakit di anus, rectum dan usus. GV memutar sekitar dubur. Dan titi-titik (dari DU-1 Changqiang- DU-5 Xuanshu) dan juga DU-26 Renzhong mengobati penyakit seperti hemorrhoids, rectum jatuh dan gangguan usus.
Mengobati penyakit kelamin, system perkemhan dan rahim. Jalur depan GV memutar sekitar alat kelamin, dan titik GV-1 Changqiang sampai DU-4 Mingmen mengobati penyakit seperti system nyeri atau susah perkemihan, mani emisis, leukorhea, dan gangguan menstruasi.
Mengobati gangguan tulang belakang. GV naik melewati tulang belakang dan titik GV mengobati gangguan tulang belakang.
Mengobati demam dan menurunkan panas tubuh. GV adalah lautan dari meridian Yang dan titik GV efektifk untuk menurunkan panas Yang, terwujud dalam panas tubuh, demam dan khususnya malaria.
Mengobati gangguan organ zangfu. Gv naik sepanjang tulang belakang, dan titiknya mampu mengobati organ zangfu kira-kira setinggi organ yang bersangkutan. Ini tidak seperti cermin dengan titik shu belakang. Contoh : DU-8 Jinshuo (terletak setinggi BL-18 Ganshu, titik belakang LR) mengobati disharmoni LR dan titik DU-11 Shendao (setinggi BL-15 titik belakang HT) dan shenzhu DU-12 (setinggi BL-13 Feishu titik shu belakang LU) mengobati gangguan HT dan LU. DU-9 Zhiyang terletak di bawah vertebrata-7 dan BL-17 Geshu mengobati ST dan SP. DU-9 Zhiyang mengobati panas di KI, DU-10 LIngdai panas di SP, DU-11 panas di LR, dan lain-lain.
Mengobati gangguan angina luar dan dalam. Angin adalah pathogen Yang, dan GV adalah “lautan dari meridian Yang.” Banyak titik GV adalah titik vital dalam mengobati angina luar (khususnya DU-14 Dazhui dan DU-16 Fengfu), sementara DU-8 Jinsuo ke atas memiliki aksi kuat dalam menenangkan angina dalam yang memberikan gangguan seperti mata menatap ke atas, opisthotonus, kejang rahang, pusing, angina kepala, windstroke, kejang, dan khususnya epilepsi.
Mengobati gangguan organ indra. Dari Yamen DU-15 ke atas, titik GV mengobati gangguan lidah, mata, muka dan khususnya hidung, yang mana meridian GV melewati garis tengah tubuh.
Mengobati gangguan organ zang HT, khususnya nyeri dan debar jantung. Ini bisa dijelaskan oleh bagian anterior GV melalui jantung.
Mengobati gangguan jiwa dan jantung. Ini terlihat dari titik-titik meridian GV yang mencolok dalam mengobati bermacam-macam ketidakharmonisan khususnya berhubungan jantung dan jiwa. Contoh : depresi mania, kelakuan gila, agitasi, ingatan lemah, disorientasi, debar jantung, insomnia, pingsan dan epilepsi. Konsep dimana jiwa disimpan di jantung, tentu saja merupakan kebenaran dari kedokteran Cina. Spiritual Pivot berkata :”Jantung mengontrol pembuluh darah, pembuluh darah adalah tempat tinggal jiwa”, “Saat Qi dan xue selaras, Qi nutrisi dan Qi defensive saling berkomunikasi, lima organ zang sudah terbentuk dan jiwa akan berada di jantung”, “Jantung adalah pemimpin dari lima organ zang dan enam organ fu dan tempat tinggal dari jiwa asli.” Sementara Essential Questions berkata :”Jantung menyimpan jiwa”. Banyak teks kuno memberi referensi mengatakan bahwa jiwa berkonsentarasi di kepala dengna otaak. Ini bisa dilihat dari Essential Questions :”Kepala adalah rumah dari kecerdasan”, di buku lain ditulis :”otak adalah nenek moyang dari bentuk tubuh dan tempat bertemunya ratusan roh/jiwa.”
“Otak adalah pintu gerbang leluhur tubuh, tempat dimana sepuluh ribu jiwa bertemu.” Sun-Si Miao berkata :”Kepala adalah pemimpin tertinggi, tempat dimana jiwa berkonsentrasi.” Li Shi Zhen berkata :”Otak adalah rumah dari jiwa asli.” Di buku lain ditulis :”Semua memori manusia tersimpan di dalam otak.”
Tiga faktor utama membantu untuk menerangi teoritis sulit ini :
tradisi berbeda dengan Kedokteran Cina
Pengaruh dari kedokteran modern
Hubungan timbal balik antara jantung, darah, saripati, otak dan jiwa.
1. Tradisi berbeda dengan pengobatan Cina
Sebelum dan sesudah munculnya Yellow’s Emperor Inner Classic, tradisi berbeda yang jelas dalam bidang luas kedokteran Cina, latihan rohani dan menjaga kesehatan. Sebelum masa Yellow’s Emperor, banyak persepsi lebih struktural bahwa otak ditempatkan sebagai organ utama yang bertanggung jawab dalam aktivitas mental di tubuh.
Setelah Yellow’s Emperor muncul, saat belajar kedokteran, menyimpang dan tumbuh lebih mandiri dari akar Taoisme, sebuah pandangan lebih fungsional dari tubuh dikembangkan, berdasarkan dari dominasi lima organ zang dan enam organ fu dan korespondensinya (khususnya lima tahap korespondensi); otak “dipindahkan” menjadi status organ fu istimewa, dan jantung menjadi raja tubuh dan tempat tinggal jiwa. Perbedaan ini tercermin dalam Essential Questions yang menyatakan :”Saya mengerti ada ajaran Tao yang memiliki pemahaman berbeda sama sekali dari sifat organ zang dan fu. Beberapa berkata otak dan sumsum tulang adalah organ zang… yang lain berpikir mereka adalah fu. Jika disajikan dengan tampilan lain dari mereka sendiri, mereka bersikeras bahwa penafsiran mereka yang paling benar.”. Kemudian teks Taoisme esoterik sangat dipengaruhi oleh sinshe hebat tertentu dari Dinasti Tang, Yuan dan Ming seperti Sun Si Miao, Zhang Jing Yue dan Li Shi Zhen. Pengertian mereka tentang peran otak dan meridian utama akupunktur mempengaruhi otak dan sumsum tulang, GV, kembali masuk ke kumpulan tulisan teori kedokteran Cina. Di waktu yang sama, tidak ada sinshe yang meragukan teori jantung dan jiwa sebagai dasar kontradiktif dari teori otak jiwa.
2. Pengaruh pengobatan modern
Semenjak dinasti Qing dan era Republik, pengetahuan anatomi barat mulai menyusup ke cina. Satu penulis dianggap telah dipengaruhi adalah Wang Qing Ren dalam bab “Otak (Mengoreksi kesalahan Pengobatan 1830) berkata :”Kecerdasan dan memori bergantung kepada otak.”
3. Hubungan timbal balik antara jantung, ginjal, saripati (jing), otak dan jiwa.
Spiritual Pivot berkata :”Otak adalah lautan sumsum tulang.” Dan adalah prinsip dasar dari kedokteran Cina yang mana ginjal memproduksi sumsum tulang terkait erat dengan fungsi ginjal menyimpan saripati, yang menutrisi otak dan saraf tulang belakang. Semua aspek organisme manusia datang bersama-sama dari esensi orang tua. “Saripati (jing) adalah sumber kehidupan, saat dua sumber (harfiah : perjuangan melwana satu sama lain), roh terbentuk.” Dan Classic of Categories berkata “Dua saripati, satu yin dan satu yang, bergabung… membentuk kehidupan; saripati ayah dan ibu bergabung membentuk roh.” Dengan kata lain, saripati pre-kelahiran, berasal dari orang tua, terkait erat dengan ginjal dan otak dan asal dari keberadaan manusia dan asal sumber jiwa. Ini adalah arti pernyataan dari Li Shi Zhen :”Otak adalah rumah/tempat tinggal dari jiwa asli” dan ditemkan di Record of Nourishing Xing and Extending Ming :”Jiwa adalah saripati. Jika kita dapat memelihara saripati, maka jiwa akan cerah. Jika jiwa cerah, maka kehidupan akan panjang umur.” Ada penulis lain menekankan hubungan antara otak dan jantung, yang merupakan refleksi hubungan vital antara ginjal dan jantung, air dan api.
Differentiation and Treatment of Disease berkata :”Jiwa manusia berada dalam jantung, dan esensi jantung bergantung sepenuhnya kepada ginjal. Dengan demikian, otak adalah rumah penyimpanan jiwa asli, lautan saripati sumsum tulang, dan ini dimana memori datang berasal.”
Naskah kuno Tao “Collected wisdom by Magic Sword” menulis :”Qi jantung berhubungan dengan istana Niwan di atas.” Niwan di tradisi Tao adalah satu pusat dari sembilan istana otak di mana berbagai jiwa bertemu, dan dianggap sebagai lokasi bahan dasar dari roh.. Niwan didiskusikan dalam beberapa teks Tao :” Asal esensi jiwa di otak dinamakan Niwan,” dan “Di tubuh manusia paling atas, adalah Tiangu Niwan, tempat di mana jiwa disimpan… Tiangu, adalah istana asli, kediamaan roh asli, di mana kecerahan mental dan spiritual hidup, aspek paling penting dari jiwa.”
Meridian GV pada jalur anterior melewati jantung,d an pada jalur posterior menembus otak. Hubungan antara otak dan jantung dibahas oleh Cheng Xing Gan yang berkata :”Saat sumsum penuh, berpikir akan jernih. Terlalu banyak berpikir membuat api jantung membakar otak… Sumsum berakar di saripati dan berhubungan turun dengan GV. Saat mingmen hangat dan menutrisi, sumsum menjadi penuh.” Jika kita mencoba lebih tepat penggunaan titik meridian GV, kita dapat menyarankan bahwa (i) indikasi titik-titik GV umumnya mencerimkan pola ketidakharmonisan ekses jiwa seperti mania drepresi. (ii) titik-titik GV khususnya mengobati gangguan psiko emosional disertai dengan kepenuhan dan ketidaknyamanan kepala, pusing, gangguan kesadaran dan epilepsi.
Limpa (Spleen/SP)
Lima tindakan utama SP/limpa :
Dominasi dalam transportasi dan transformasi cairan dan zat padat hasil pencernaan setelah "pembusukan dan pematangan" oleh lambung. Karenanya, SP memainkan peran utama dalam proses pencernaan, memproduksi qi dan xue, fungsi usus dan pengeluaran cairan tubuh pada saat dan tempat yang tepat/
Mengatur darah, dominasi peran pertama dalam pembentukan dan penempatan di tempat yang sesuai, dan mencegah pendarahan.
Dominasi otot dan empat anggota gerak, menyediakan kekuatan dalam jumlah besar
Hubungan luar dengan mulut, dominasi dalam mencicipi rasa makanan
Mengontrol peningkatan qi dalam melawan tenggelam dan jatuh.
Aksi dan indikasi meridian SP:
Mengobati kegagalan fungsi transportasi dan transformasi, dalam bentuk borborygmus, tinja lembek, sisa makanan yang tidak tercerna dalam tinja, tidak nafsu makan, dll.
Mengobati gangguan usus seperti disentri, diare, konstipasi.
Mengobati vetention kelembaban karena stagnasi qi sehingga perut nyeri dan kembung, oedema, badan berat, urat dan otot sakit, anggota gerak bengkak, susah BAK, leukorhea, suka tidur/ngantuk, lesu, dll.
Menguatkan qi dan xue
Menghancurkan stagnasi darah, khususnya di rahim dan darah dingin
Memperkuat fungi SP dalam mempertahankan darah di tempat yang tepat
Mengobati sesak nafas, rasa penuh dan gangguan di dada, daerah iga lateral, mendesah, dll.
Menenangkan dan mengatur jiwa
Mengobati gangguan alat kelamin.
Catatan tambahan :
Perjalanan meridian dalam SP bergabung dengan CV di bawah pusar CV-3 Zhongzi dan CV-4 Guanyuan dan di atas pusar dengan CV-10 Xiawan
Meridian dalam SP melewati hipokondrium (bertemu meridian GB dan LR di GB-24 Riyue dan LR-14 Qimen).
Perjalanan meridian dalam SP naik melewati dada bertemu meridian LU di LU-1 Zhongfu, sementara meridian otot menyebar di dada.
Perjalanan meridian dalam SP melewati daerah iga lateral di SP-17 Shidou, SP-18 Tianxi, SP-19 Xiongxiang, SP-20 Zhourong, SP-21 Dabao
Perjalanan meridian dalam SP dan meridian divergent berhubugan dengan lidah
Perjalanan meridian dalam SP berhubungan dengan organ jantung
Meridian luo SP berhubungan dengan usus
Meridian otot SP bertemu di alat kelamin luar.
Ginjal (Kidney/KI)
Fungsi utama KI/ginjal adalah:
Menyimpan intisari dan dominasi reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan
Produksi sumsum, mengisi otak, dominasi tulang dan membantu produksi darah.
Dominasi air
Mengontrol penerimaan qi
Berhubungan luar dengan telinga dan dominan dalam dua yin bawah (anus dan rahim)
Tambahan KI yang perlu diketahui:
Adalah organ zang terbawah
Akar dari original yin dan yang di tubuh
Bergaul dan mengontrol api mingmen
Rumah dari kemauan/hasrat
Adalah dasar dari meridian CV dan chong yang berasal dari rahim, sementara menurut Essential Questions :"Pembuluh dari uterus berhubungan dengan ginjal."
Catatan tambahan yang perlu diingat:
Perjalanan meridian dalam KI memotong meridian CV di CV-3 Zhongzi dan CV-4 Guanyuan
Perjalanan meridian dalam KI naik ke atas melewati LR, diafragma, LU dan HT
Perjalanan meridian dalam KI naik menuju kerongkongan
Perjalanan meridian dalam dan meridian divergen naik ke akar lidah
Perjalanan meridian dalam, otot dan luo menyebar ke tulang belakang
Meridian otot KI bukan meridian dalam KI, naik ke alat kelamin
Aksi dan indikasi titik akupunktur KI :
Akar patologis naik panas, Qi, Yang dan angin. Ki adalah organ zang terbawah (di jiao bawah) dan akar dari yin tubuh. Saat yin defisien, defisiensi panas atau pemberontakan Yang atau angin dalam akan naik ke tenggorokan, telinga, mata dan kepala. Titik-titik meridian KI biasanya digunakan untuk menutrisi yin (KI-3 Taixi) dan kuat dalam menunrukan patogen dari kepala (contoh : KI-1 Yongquan).Menutrisi yin dan membersihkan defisiensi panas dalam mengobati keringat malam, kekurangan tenaga, gangguan haus, dll.Menutrisi air ginjal untuk menyeimbangkan api berlebihan di jantung, menyelaraskan hasrat/kemauan dan jiwa dalam pengobatan kegelisahan, insomnia, daya ingat kurang, palpitasi, epilepsi, mania, rentan terhadap ketakutan, dll.
Akar dari Qi dan menyelaraskan hubungan antara KI dan LU dalam mengobati batuk, batuk berdarah, sesak nafas, asma, mengi, dll.
Menguatkan Yang KI untuk menguatkan fungsi KI dalam dominasi air dalam pengobatan oedema dan defisiensi gangguan tipe kemih.Sesuai dengan karateristik umum dari meridian, khususnya meridian Yang, titik-titik KI memiliki efek lebih kuat di meridian secara keseluruhan bukan hanya area lokal saja. Ini dapat diamati pada indikasi titik BL-60 Kunlun sampai BL-64 Jianggu, untuk gangguan meridian BL di kepala, punggung atas dan bawah, tungkai kaki bawah dan kaki.
REN/CV (Conception Vessel)
Meridian CV adalah satu dari delapan meridian istimewa. Bersama dengan meridian GV, mereka berbeda karena meridian CV dan GV memiliki titik akupunktur tersendiri sehingga mereka sering dimasukkan dalam 12 meridian utama (totalnya 14 meridian). Enam meridian istimewa lainnya tidak memiliki titik akupunktur tersendiri melainkan meminjam titik dari 14 meridian lainnya.
Meridian CV naik di sepanjang garis tengah tubuh depan.
Seperti uraian di atas, cabang meridian CV masuk ke tulang belakang dan naik menuju punggung, sementara cabang dari meridian GV naik menuju ke garis tengah tubuh depan. Li Shi Zhen mengatakan :"CV dan GV seperti tengah malam dan tengah hari, mereka adalah poros kutub tubuh... Ada satu sumber dan dua cabang, satu menuju ke depan dan yang lain menuju ke belakang tubuh... Saat kami mencoba memisahkannya, kami melihat bahwa yin dan yang tidak dapat dipisahkan; dan saat kami mencoba melihat mereka sebagai suatu kesatuan, kami melihat sebagai suatu keseluruhan yang tak terpisahkan."
Penting untuk dicatat:Menurut Spiritual Pivot, meridian CV berasal dari rahim wanita.Perjalanan meridian dalam CV memutar sekitar mulut dan berakhir di bawah mata.
Aksi dari meridian CV:
Mengobati gangguan area lokal. Semua titik meridian CV di bawah pusar mengobati gangguan kemih dan defekasi, penyakit kelamin, stagnasi di perut bawah dan rahim serta gangguan menstruasi. CV-8 Shengque dan CV-9 Shuifen untuk mengobati gangguan usus dan perut. Dari CV-10 ke CV-21 Xuanji untuk mengobati stagnasi dan pemberontakan Qi ST, walaupun lokasi mereka hingga dada atas. Dari CV-13 Shangwan ke atas, kebanyakan mengobati gangguan jantung; dan dari CV-14 Juque ke atas mengobati paru-paru dan dada.
Terletak di daerah lunak, lentur dan Yin tubuh depan, titik CV memungkinkan akses langsung ke organ zangfu. Enam dari titik mu depan terletak di meridian CV (CV-3 = BL, CV-4 =SI, CV-5 = SJ, CV-12= ST, CV-14 = HT, CV-17 = PC). Dalam kasus terbanyak, ini adalah titik dasar penting untuk mengatur organ zangfu masing-masing.
Perut bawah adalah lokasi dari dantian (cinnabar field), rumah dari energi terdalam tubuh. CV-4 Guanyuan dan CV-6 Qihai adalah titik paling penting menguatkan dan menutrisi tubuh. Sepanjang CV-8 Shengque, mereka dapat menyelamatkan Yang dan mengembalikan kesadaran dalam kasus runtuhnya Yang.
Catatan :
DU-1 Changqiang diklasifikasikan sebagai titik pertemuan antara meridian CV dan GV, walaupun tidak biasanya ditunjukkan seperti ilustrasi dari perjalanan utama meridian CV.
Diposkan 23rd April 2012 oleh Elvida-Yip
Usus Kecil (Small Intestine/SI)
SI/Usus kecil merupakan meridian tayyang tangan, berunsur api, berhubugnan luar dalam dengan api dan HT, berpasangan dengan BL (meridian tayyang kaki) menurut teori 6 meridian.
Sejauh jalannya meridian SI yang bersangkutan perlu dicatat bahwa:
Perjalanan meridian dalam dan divergent berhubungan dengan jantung
Perjalanan meridian dalam dan otot melintasi ke aspek bahu belakang, sementara meridian luo berhubungan dengan LI-15 Jianyu
Meridian divergent dan otot berhubungan dengan ketiak
Perjalanan meridian dalam berhubungan dengan tulang belikat, dan meridian otot mengelilingi tulang belikat.
Meridian dalam dan otot berhubungan dengan leher, pipi, outer canthus dan telinga
Perjalanan meridian dalam SI juga berhubugan dengan inner canthus
Meridian otot berhubungan dengan proses mastoid, gigi dan ujung dahi.
Aksi dan indikasi meridian SI:
Membersihkan panas dari jalan meridian dan menurunkan demam, khususnya demam malaria (SI-1 Shaoze dan SI-4 Wangu).
Membantu dalam mengubah reak dan membersihkan panas dari organ zang, khususnya dalam pengobatan gangguan jiwa (SI-3 Houxi, SI-5 Yanggu, SI-7 Zhizheng dan SI-8 Xiaohai)
Mendinginkan panas dan api, serta mengurangi nyeri sepanjang perjalanan meridian di lengan, ketiak, bahu, tulang belikat, leher (termasuk penyakit gondok), tenggorokan, rahang mulut, gigi, lidah, hidung, pipi, mata dan telinga. Titik SI juga untuk bengkak (terutama di leher, tenggorokan dan pipi).
Mengobati gangguan payudara (SI-1 Shaoze, SI-2 Qiangu, dan SI-11 Tianzong) dan daerah iga lateral (SI-1 Shaoze, SI-4 Wangu, SI-5 Yanggu, SI-11 Tianzong). Pertemuan meridian dalam SI dengan tengah dada di CV-17 Shanzhong menjelaskan aksi titik ini untuk payudara, tetapi tidak ada alasan jelas kenapa titik SI mampu menyebar ke daerah lateral iga.
Perlu dicatat walaupun tindakan/fungsi SI untuk menerima, mengubah, dan memisahkan cairan tubuh, indikasinya hanya berhubungan dengan fungsi urin gelap dan bimbang (SI-2 Qiangu, dan SI-3 Houxi). Bahkan lebih khususnya, walaupun kenyataan meridian berhubungan dengan diafragma dan ST, melewati CV-12 Zhongwan dan CV-13 Shangwan dan turun di SI, tidak ada titik untuk gangguan sistem pencernaan.
Jantung (Heart/HT)
Lima tindakan fungsi HT/jantung:
memerintah darah dan pembuluh darah rumah dari jiwa berhubungan luar dengan lidah.
menguasai keringat
terwujud dalam warna kulit
Aksi dan indikasi jantung/HT :
Mengobati nyeri dada dan jantung, gangguan ritme jantung. Menurut Essential Questions :"Semua darah berkaitan dengan jantung" dan "jantung memerintah/dominasi pembuluh darah di tubuh." Qi jantung dan Qi LU (dimana meridian HT berhubungan) dominasi dalam mengumpulkan Qi, oleh sebab itu sirkulasi darah melewati dada sebagaimana ritme jantung. Semua titik meridian HT (kecuali HT-2 Qingling) mengobati nyeri baik jantung dan dada, palpitasi dan gangguan ritme jantung. Nyeri akut jantung dan dada bisa menyebar sepanjang meridian HT di lengan kiri, turun ke perut (perjalanan meridian dalam dan meridian otot) atau naik ke atas tenggorokan (perjalanan meridian dalam dan meridian divergent). Dalam pengobatan sehari-hari, titik meridian PC sering digunakan untuk nyeri dada dan jantung, sementara gangguan ritme jantung digunakan digunakan titik-titik dari kedua meridian (HT dan PC).
Mengatur dan menenangkan jiwa. Menurut Spiritual Pivot :"Jantugn mengontrol pembuluh darah, sementara pembuluh darah adalah tempat tinggal roh". Dan Essential Questions berkata :"Jantung menyimpan jiwa". HT-5 Tongli dan HT-7 Shenmen keduanya titik paling penting dalam menyelaraskan dan menenangkan jiwa. Saat kehilangan keharmonisan karena defisiensi akibat kekurangan nutrisi diagitasi oleh panas dan api, atau dikaburkan oleh reak.
Mengobati gangguan lidah dan bicara, termasuk suara hilang, lidah kaku, lidah nyeri dan bengkak.Mengobati gangguan tenggorokan seperti nyeri, bengkak dan mampet.Mengobati gangguan mata. Meridian HT berhubungan dengan mata, ini bisa dijelaskan kenyataan meridian HT milik api dan titik meridian HT untuk membersihkan panas dari tubuh, termasuk mata seperti kemerahan, nyeri dan bengkak.
Mengobati berbagai gangguan wajah dan corak kulit, oleh karennaya Ma Dan Yang berkata HT- Shenmen :"Saat ekses... kepala, pipi dan muka akan merah. Sedangkan saat defisien,... tanpa ekspresi wajah"
Catatan tambahan :
Cabang dari perjalanan meridian dalam HT di sepanjang sisi kerongkkongan.Cabang dari perjalanan meridian dalam HT berhubungan dengan jaringan sekitar mata, meridian divergent naik menuju inner canthus, dan meridian luo HT naik mata
Meridian divergent HT muncul di muka
Meridian luo HT naik ke akar lidah
Tiga Pemanas (Sanjiao/SJ)
Meridian SJ adalah meridian tangan shaoyang, berunsur api, sejodoh dengan meridian PC, berpasangan dengan meridian GB kaki shaoyang menurut teori 6 meridian.
Catatan tambahan :
Perjalanan meridian dalam SJ melewati dan berhubungan dengan jiao atas, tengah dan bawah.Perjalanan meridian dalam SJ turun di antara payudara ke CV-17 Shanzhong
Perjalanan meridian dalam SJ naik baik depan dan belakang ke telinga, masuk ke telinga.Perjalanan meridian dalam SJ naik ke aspek inferori mata; meridian dalam dan otot ke outer canthus mata.Meridian divergen SJ menyebar ke vertex.Meridian otot SJ berhubungan dengan akar lidah.Meridian dalam SJ naik melewati pipi.
Aksi dan indikasi meridian SJ:
Menurunkan demam. Meridian SJ berunsur api dan banyak titik SJ untuk demam, khususnya PPL (Penyebab Penyakit Luar). Sejauh perbedaan demam menurut empat tingkatan, meridian SJ mengobati demam pada tingkatan defensif dan Qi, sementara meridian PC mengaobati demamm di level nutrisi dan darah, walaupun banyak titik SJ (dimana PC dan SJ digabungkan) mampu mengobati keduanya. Sejauh perbedaan demam menurut teori sanjiao, titik SJ untuk mengobati demam yang mengenai jiao atas bentuk LU, walaupun titik-titik SJ paling banyak untuk mengobati jiao atas bentuk PC. Sejauh tingkatan demam menurut teori 6 meridian, Spritual Pivot dan Essential Questions menyatakan :"Taiyang adalah pembuka, yangming adalah penutup dan shaoyang adalah sumbu." Sanjiao adalah shaoyang (poros di antara eksterior dan interior) dan beberapa titik meridian ini untuk panas dingin, demam dan malaria, indikasi karakteristik bentuk shaoyang. Aksi membersihkan panas dari titik meridian Sanjiao meluas terhadap membersihkan panas dari seluruh daerah yang dilalui oleh meridian tersebut.
Membetulkan telinga. Berbagai bagian meridian SJ mengelilingi atau masuk ke telinga. Dan banyak titik SJ untuk gangguan telinga seperti tinnitus dan tuli, khususnya karena panas, pemberontakan Yang atau faktor patogen ekses.
Membersihkan panas dari mata, khususnya angin panas dan panas LR-GB.
Membersihkan panas dari leher, tenggorokan dan lidah.
Menenangkan jantung dan jiwa. Hubungan dekat antara meridian SJ dan PC, banyak titik SJ untuk nyeri dada dan jantung seperti agitasi, gelisah, mania, epilepsi dan manifestasi lain dari gangguan jiwa.
Mengobati sakit kepala. Meridian shaoyang melewati pelipis dan sisi kepala, dan titik meridian SJ banyak digunakan untuk sakit kelapa yang mempengaruhi daerah ini.
Menyelaraskan tiga jiao. SJ-5 Waiguan dan SJ-6 Zhigou khususnya, mengatur jiao tengah dan jiao bawah dalam pengobatan muntah hdan konstipasi.
Perikardium (Pericardium/PC)
Pericardium adalah selaput jantung, fungsi utamanya melindungi jantung dari faktor patogen luar. Di buku "Yellow Emperor's Inner Classic" pericardium tidak dimasukkan ke dalam organ zangfu, dan ini sering terlihat dalam diskusi TCM yang selalu menyebutkan "lima organ zang dan enam organ fu". Walaupun tidak termasuk organ zang yang mempunyai ciri-ciri tersendiri, tetapi lebih menempel ke jantung/HT, meridian PC paradoks pada awalnya dianggap sebagai meridian utama untuk gangguan jantung yang hebat.
Sehingga di dalam Spiritual Pivot, Kaisar Kuning bertanya kepada Qi Bo, "Kenapa meridian tangan shaoyin tidak memiliki titik shu?" Qi Bo menjawab," Shaoyin adalah meridian jantung, jantung adalah guru besar dari 5 organ zang dan 6 organ fu. Dan organ jantung adalah tempat tinggal dari jiwa/roh. Jantung menyimpan dengan tegas bahwa tidak ada patogen yang dapat datang untuk bersemayam. JIka terjadi, jantung akan terluka dan jiwa akan terpisah. Jika jiwa/roh terpisah, maka terjadi kematian. Ini karena bahwa patogen ditakdirkan untuk menyerang jantung yang akan menyerang pericardium. Pericardium adalah meridian yang dikontrol oleh jantung, sehingga hanya jantung yang tidak memiliki titik shu."
Di bab 2 Spriitual Pivot, Qi Bo menjelaskan meridian jantung (daripada meridian PC) berasal dari PC-9 Zhongchong, PC-8 Laogong, PC-7 Daling dan sejauh PC-3 Quze. Di bab lain Spiritual Pivot, bagaimanapun, membahas titik-titik meridian jantung, contoh : HT-7 Shenmen untuk gangguan jantung, terlihat dalam beberapa kontradiksi yang melekat dalam sebuah teks yang ditulis oleh penulis yang berbeda pada masa yang berbeda. Ini tidak sampai "Systematic Classic of Acupuncture and Moxibustion" ditulis pada abad III, dimana titik shu meridian HT pertama kali didiskusikan.
Catatan tambahan :
Dari PC-6 Neiguan, meridian luo melintasi jantung, menguatkan pericardium-jantung
Perjalanan dalam PC berasal dari dada, meridian divergent masuk ke dada, dan meridian otot PC menyebar di dada.
Perjalanan meridian dalam PC turun melewati diafragma dan meridian otot mengikat di diafragma
Perjalanan meridian dalam dan divergen berhubungan dengan jiao atas, tengah dan bawah
Meridian otot menyebar melewati tulang rusuk depan dan belakang.
Aksi dan indikasi meridian PC:
Mengobati gangguan organ HT, seperti nyeri, palpitasi, ritme jantung tidak teratur, dll.
Mengobati gangguan jiwa
Mengobati gangguan dada secara umum, termasuk disharmoni LU.
Mengobati gangguan jiao atas/tengah karena stagnasi Qi, meridian LR kaki jueyin dimana meridian PC dipasangkan menurut teori 6 meridian.Mengobati gangguan jiao tengah, khususnya lambung.Mengobati gangguan tulang iga lateral (meridian otot PC menyebar di tulang rusuk depan dan belakang)
Mengobati demam: PC berunsur api, mengambil beban untuk serangan patogen luar yang mungkin sebaliknya melukai jantung. Titik PC penting dalam pengobatan demam, khususnya dalam level nutrisi dan Qi; dan bila ada gangguan kesadaran.
Menogbati nyeri ketiak dan bengkak.
Kandung Empedu (Gall Bladder/GB)
Meridian GB kaki shaoyang berunsur kayu, hubungan luar dalam dengan meridian LR dan sejodoh dengan meridian tangan shaoyang SJ menurut teori 6 meridian.
Dua fungsi tindakan GB adalah menyimpan dan mengekskresikan empedu; menguasai keberanian, pengambilan keputusan dan penilaian.
Catatan tambahan yang perlu diingat:
Perjalanan meridian dalam GB dimulai dari outer canthus dan berjalan ke daerah infraorbital, sementara meridian divergen berhubungan dengan mata.
Meridian dalam GB berselang lintas sisi kepala dan bertemu titik SJ-22 Erheliao, SJ-20 Jiaosun, ST-8 Touwei di daerah ini.
Meridian dalam GB melewati rahang dan tenggorokan.
Meridian dalam GB turun ke dada dan berhubungan dengan meridian PC di PC-1 Tianchi
Meridian dalam GB dan divergen melewati depan ke ketiak
Meridian otot GB berhubungan dengan payudara.
Meridian divegen GB berhubungan dengan jantung
Merididan dalam GB melewati daerah inguinalis dan mengelilingi alat kelamin.
Merididan dalam GB dan meridian divergen menuju ke sacrum dan meridian dalam berhubungan dengan DU-1 Changqiang.
Aksi dan indikais meridian GB:
Mengobati gangguan mata, khususnya karena PPL angin-panas, atau meridian LR dan GB panas.
Mengobati gangguan telinga, khsuusnya karena PPL angin panas atau meridian LR dan GB panas.
Mengobati sakit kepala, khususnya sakit kepala sebelah mempengaruhi meridian shaoyang di pelipis dan sisi kepala.
Mengobati kelainan hati/LR. LR memerintah kelancaran aliran Qi, dan saat aliran Qi terganggua, akan terjadi stagnasi Qi. Di waktu bersamaan, LR dan GB dipercaya terhadap bawahan api dan stagnasi Qi langsung berubah menjadi api. Jika api LR konsumsi yin, akan terjadi bentuk Yang LR naik. Sementara api LR atau Yang LR dapat menghasilkan angin dalam. Stagnasi Qi LR, api LR, Yang LR dan angin LR, semua dapat terwujud sepanjang meridian GB di kepala, telinga, mata, dada, payudara dan daerah iga lateral.
Mengobati gangguan reak, penyakit kelenjar dan nodul. Aliran lancar cairan tubuh adalah bagian dari ketergantungan dari kebebasan Qi LR mengalir, ementara api LR akan mengentalkan cairan tubuh menjadi reak. Titik-titik GB untuk stagnasi Qi dan reak (dan akibatnya) membengkak dannodulation di tenggorokan, supraclavicular fossa, ketiak dan payudara, semua daerah yang dilalui oleh meridian utama GB dan meridian kedua.
Membersihkan lembap-panas dari organ fu GB, terwujud dalam penyakit kuning, nyeri di daerah iga lateral, mual dan muntah, demam, dsb.
Membersihkan faktor patogen dari level shaoyang menjadi panas dingin dan demam, rasa pahit di mulut, nyeri hypochondriac, rasa kering di mulut dan tenggorokan, mual dan muntah.
Mengobati gangguan jiwa dan jiwa halus (Hun) : i. GB memerintah penilaian, pengambilan keputusan dan keberanian ; ii. meridian divergen masuk ke jantung; iii. GB (kayu) adalah ibu dari jantung (api). Titik-titik meridian GB mampu mengobati jiwa dan jiwa halus (hun) karena terutama GB dan api LR atau defisiensi Qi GB .
Meridian Tay hanya melewati tiga titik akupunktur : GB-26 Daimai, GB-27 Wushu dan GB-28 Weidao, sementara titik induk meridian istimewa Tay adalah GB-41 Zulinqi. Oleh sebab itu meridian istimewa terutama dipengaruhi dengan memilih titik-titik GB.
Titik dominan otot (GB-34 Yanglingquan) dan sumsum (GB-39 Xuanzhong) milik GB yang melintasi bagian lateral dari seluruh meridian ini, karennay, penting dalam pengobatan gangguan seperti gangguan atrofi dan obstruksi nyeri.
Hati (Liver/LR)
Lima fungsi utama LR/Hati :
Menyimpan darah
Menyebarkan (mempertahankan arus bebas) Qi.Dominasi tendon.Berhubungan luar dengan mata.Terwujud dalam bentuk kuku.
Tambahan tentang LR/hati yang perlu diingat:
Organ zang LR berunsur kayu dan berhubungan dengan angin
LR memerintah pendakian/kenaikan. Saat disharmonisasi, Qi LR akan naik berlebihan
LR ditugaskan dengan api mingmen dimana saat disharmonisasi, mudah berkobar ke atas sebagai patologis panas.Fungsi LR mengalir bebas (Qi) membantu pegerakan qi di organ zangfu, khususnya menurunkan Qi LU dan ST, menaikkan Qi SP.Fungsi LR mengalir bebas (Qi) membantu fungsi transformasi qi BL.
LR menyimpan jiwa halus (hun) dan sebagai organ zang kayu, LR adalah ibu dari HT (jantung).LR menyimpan darah dimana mengalir ke meridian CV dan meridian chong menjadi darah menstruasi, dan Qi LR bergantung jawab terhadap kelancaran menstruasi.LR sangat erat kaitannya dengan emosi seperti marah, iritabilitas, aneh, frustasi, kesal.
Meridian LR jueyin kaki berhubugan luar dalam dengan meridian GB, dan sejodoh dengan meridian PC jueyin tangan berdasarkan teori 6 meridian.
Catatan tambahan:Perjalanan meridian dalam, luo, dan otot menuju ke alat kelamin, sementara meridian divergen naik ke daerah pubis.Perjalanan meridian dalam LR masuk ke perut bawah.Perjalanan meridian dalam LR membelok ke sekitar lambung.Perjalanan meridian dalam LR menyebar di paru-paru.Perjalanan meridian dalam LR naik ke belakang tenggorokan.Perjalanan meridian dalam LR melewati naso-pharynx.Perjalanan meridian dalam LR berhubungan dengan sistem mata (jaringan dalam mata).Perjalanan meridian dalam LR naik ke puncak memotong meridian GV di DU-20 Baihui, titik paling tinggi yang diraih oleh meridian yin.
Aksi dan indikasi meridian LR :
Menyelesaikan gangguan dan nyeri karena stagnasi Qi LR di kepala, tenggorokan, dada, jantung, paur-paru, lambung, perut, daerah lateral iga, perut bawah, usus, dan alat kelamin.Membantu penurunan Qi Lu dan Qi ST, menaikkan Qi SP.Menenteramkan angin dalam dan pemberontakan Yang sehingga sakit kepala, pusing, epilepsi, kejang, dll.Mendinginkan api LR yang mempengaruhi setiap daerah tubuh.Membetulkan mata.Mengobati gangguan karaterisik nyeri dan bengkak di alat kelamin luar (penis) seperti mani emisi, gangguan ejakulasi, priapsm, dan impoten.Mengatur menstruasi dan jadwal menstruasi.Mengobati gangguan shan (kategori luas yang mencakup hernia, alat kelamin bengkak dan nyeri, dan nyeri parah di perut bawah).Mengobati gangguan kemih seperti retensi urin, disfungsi nyeri kemih, sering pipis, inkontinensia, dll.Mengobati nyeri pinggang.Mengobati gangguan psiko emosional berasal dari defisiensi darah LR, stagnasi Qi LR atau api LR, yang semuanya mengganggu jiwa halus dan jiwa.
Usus Besar (Large Intestine/LI)
Fungsi LI adalah menerima sampah material yang berasal dari SI, menyerap cairan, isi dan bentuknya, sisanya menjadi tinja untuk dikeluarkan. Meridian LI memiliki aksi di usus dan perut bawah (khsuusnya pengobatan borborygmus dan diare) juga konstipasi.
Menurut Spiritual Pivot, "Meridian yangming penuh qi dan darah". Titik-titik di lengan dan kaki dari meridian yangming, banyak digunakan untuk mengatur qi dan xue di anggota gerak, gangguan pertumbuhan, hemiplegia dan nyeri.
Titik LI yang paling sering digunakan untuk membuang Yang ekses, bentuk panas dan demam adalah LI-4 Hegu dan LI-11 Quchi.
Aksi dan indikasi utama meridian LI adalah :
mengobati semua gangguan meridian yangming di kelapa, termasuk muka, pipi, dahi, mata, hidung, bibir, gusi dan gigi.
mengobati gangguan telinga (meridian luo LI)
membuang angin, dingin, panas dari tubuh bagian luar
membuang angin-panas, panas dalam dan racun api dari area yang dilalui oleh meridian, khususnya kepala.
membersihkan api yangming yang mengganggu jantung dan jiwa
membantu fungsi LU dalam membuka saluran air.
Catatan tambahan :
Meridian dalam LI masuk ke gusi melalui gigi bawah.
meridian dalam LI menyeberang ke sisi kontralateral dari wajah di DU-26 Renzhong meridian otot LI naik ke sudut dahi dan melewati ubun-ubun berhubungan dengan mandibula berlawanan meridian luo LI mask ke telinga dan gigi meridian divergent LI turun ke payudara meridian otot LI menmepel pada tulang belakang dada bagian ats dan meridian divergent berjalan tengah ke spinal column.
Paru-Paru (Lung/LU)
Lima aksi utama dari LU/Paru-paru:
Memerinta qi dan mengatur pernafasan
Mengontrol penyebaran dan penurunan
Mengatur bagian air
Mengatur kulit dan bulu tubuh
Berhubungan luar dengan hidung.
Aksi dan indikasi meridian LU
Mengobati Qi LU yang memberontak terwujud dalam gangguan pernapasan, contoh: batuk, sesak nafas, mengi, asma dan nafas pendek. Memulihkan fungsi LU dalam penyebaran saat terganggu karena PPL dimana tersangkut di tubuh bagian superficial.Mengobati gangguan hidung, termasuk mimisan, dan obstruksi hidung.Menogati gangguan tenggorokan, seperti kering, nyeri, macet, sakit, dan bengkak.Mengobati oedema dan urine yang terhambat karena fungsi LU terganggu dalam bagian air dalam penyebaran dan penurunan.
Mengobati muntah karena qi ST yang memberontak.
Catatan tambahan:
Meridian dalam LU berasal dari jiao tengah daerah lambung.Meridian dalam LU dan meridian divergent naik ke tenggorokan.Meridian LU tidak langsung berhubungan dengan hidung, tetapi secara tidak langsung melalui meridian LI.
1.DU/ GV (Governing Vessel)
Catatan :
CV-1 Huiyin dan CV-24 Chengjiang diklasifikasikan sebagai titik pertemuan meridian CV dan GV.
Meridian GV adalah satu dari delapan meridian istimewa, di mana meridian GV memiliki titik akupunktur tersendiri sehingga dimasukkan dalam 12 meridian utama (total 14 meridian). Enam meridian istimewa lain tidak memiliki titik akupunktur tersendiri tetapi meminjam titik dari meridian lain.
Meridian GV pada prinsipnya dipahami sebagai meridian naik melewati tulang belakang ke otak. Seperti deskripsi di atas, bagaimanapun, jalur ketiga naik ke bagian depan tubuh, sementara cabang CV naik dari rongga panggul, masu ke tulang belakang dan naik ke atas punggung.
Li Shi Zhen mengatakan :"CV dan GV seperti tengah malam dan tengah hari, mereka adalah poros kutub tubuh... Ada satu sumber dan dua cabang, satu menuju ke depan dan yang lain menuju ke belakang tubuh... Saat kami mencoba memisahkannya, kami melihat bahwa yin dan yang tidak dapat dipisahkan; dan saat kami mencoba melihat mereka sebagai suatu kesatuan, kami melihat sebagai suatu keseluruhan yang tak terpisahkan."
Perlu dicatat/diketahui :
Perjalanan meridian dalam masuk ke otak pada Fengfu DU-16 dan di vertex pada DU-20 Baihui.
Perjalanan meridian dalam naik di dalam tulang belakang dan sepanjang sisi tulang belakang.
Perjalanan meridian dalam masuk ke ginjal
Perjalanan meridian dalam melewati jantung
Perjalanan meridian dalam memutar sekitar anus
Perjlanan meridian dalam memutar seikitar alat kelamin
Meridian luo menyebar melewati tengkuk
Aksi dan indikasi meridian GV :
Mengobati penyakit di anus, rectum dan usus. GV memutar sekitar dubur. Dan titi-titik (dari DU-1 Changqiang- DU-5 Xuanshu) dan juga DU-26 Renzhong mengobati penyakit seperti hemorrhoids, rectum jatuh dan gangguan usus.
Mengobati penyakit kelamin, system perkemhan dan rahim. Jalur depan GV memutar sekitar alat kelamin, dan titik GV-1 Changqiang sampai DU-4 Mingmen mengobati penyakit seperti system nyeri atau susah perkemihan, mani emisis, leukorhea, dan gangguan menstruasi.
Mengobati gangguan tulang belakang. GV naik melewati tulang belakang dan titik GV mengobati gangguan tulang belakang.
Mengobati demam dan menurunkan panas tubuh. GV adalah lautan dari meridian Yang dan titik GV efektifk untuk menurunkan panas Yang, terwujud dalam panas tubuh, demam dan khususnya malaria.
Mengobati gangguan organ zangfu. Gv naik sepanjang tulang belakang, dan titiknya mampu mengobati organ zangfu kira-kira setinggi organ yang bersangkutan. Ini tidak seperti cermin dengan titik shu belakang. Contoh : DU-8 Jinshuo (terletak setinggi BL-18 Ganshu, titik belakang LR) mengobati disharmoni LR dan titik DU-11 Shendao (setinggi BL-15 titik belakang HT) dan shenzhu DU-12 (setinggi BL-13 Feishu titik shu belakang LU) mengobati gangguan HT dan LU. DU-9 Zhiyang terletak di bawah vertebrata-7 dan BL-17 Geshu mengobati ST dan SP. DU-9 Zhiyang mengobati panas di KI, DU-10 LIngdai panas di SP, DU-11 panas di LR, dan lain-lain.
Mengobati gangguan angina luar dan dalam. Angin adalah pathogen Yang, dan GV adalah “lautan dari meridian Yang.” Banyak titik GV adalah titik vital dalam mengobati angina luar (khususnya DU-14 Dazhui dan DU-16 Fengfu), sementara DU-8 Jinsuo ke atas memiliki aksi kuat dalam menenangkan angina dalam yang memberikan gangguan seperti mata menatap ke atas, opisthotonus, kejang rahang, pusing, angina kepala, windstroke, kejang, dan khususnya epilepsi.
Mengobati gangguan organ indra. Dari Yamen DU-15 ke atas, titik GV mengobati gangguan lidah, mata, muka dan khususnya hidung, yang mana meridian GV melewati garis tengah tubuh.
Mengobati gangguan organ zang HT, khususnya nyeri dan debar jantung. Ini bisa dijelaskan oleh bagian anterior GV melalui jantung.
Mengobati gangguan jiwa dan jantung. Ini terlihat dari titik-titik meridian GV yang mencolok dalam mengobati bermacam-macam ketidakharmonisan khususnya berhubungan jantung dan jiwa. Contoh : depresi mania, kelakuan gila, agitasi, ingatan lemah, disorientasi, debar jantung, insomnia, pingsan dan epilepsi. Konsep dimana jiwa disimpan di jantung, tentu saja merupakan kebenaran dari kedokteran Cina. Spiritual Pivot berkata :”Jantung mengontrol pembuluh darah, pembuluh darah adalah tempat tinggal jiwa”, “Saat Qi dan xue selaras, Qi nutrisi dan Qi defensive saling berkomunikasi, lima organ zang sudah terbentuk dan jiwa akan berada di jantung”, “Jantung adalah pemimpin dari lima organ zang dan enam organ fu dan tempat tinggal dari jiwa asli.” Sementara Essential Questions berkata :”Jantung menyimpan jiwa”. Banyak teks kuno memberi referensi mengatakan bahwa jiwa berkonsentarasi di kepala dengna otaak. Ini bisa dilihat dari Essential Questions :”Kepala adalah rumah dari kecerdasan”, di buku lain ditulis :”otak adalah nenek moyang dari bentuk tubuh dan tempat bertemunya ratusan roh/jiwa.”
“Otak adalah pintu gerbang leluhur tubuh, tempat dimana sepuluh ribu jiwa bertemu.” Sun-Si Miao berkata :”Kepala adalah pemimpin tertinggi, tempat dimana jiwa berkonsentrasi.” Li Shi Zhen berkata :”Otak adalah rumah dari jiwa asli.” Di buku lain ditulis :”Semua memori manusia tersimpan di dalam otak.”
Tiga faktor utama membantu untuk menerangi teoritis sulit ini :
tradisi berbeda dengan Kedokteran Cina
Pengaruh dari kedokteran modern
Hubungan timbal balik antara jantung, darah, saripati, otak dan jiwa.
1. Tradisi berbeda dengan pengobatan Cina
Sebelum dan sesudah munculnya Yellow’s Emperor Inner Classic, tradisi berbeda yang jelas dalam bidang luas kedokteran Cina, latihan rohani dan menjaga kesehatan. Sebelum masa Yellow’s Emperor, banyak persepsi lebih struktural bahwa otak ditempatkan sebagai organ utama yang bertanggung jawab dalam aktivitas mental di tubuh.
Setelah Yellow’s Emperor muncul, saat belajar kedokteran, menyimpang dan tumbuh lebih mandiri dari akar Taoisme, sebuah pandangan lebih fungsional dari tubuh dikembangkan, berdasarkan dari dominasi lima organ zang dan enam organ fu dan korespondensinya (khususnya lima tahap korespondensi); otak “dipindahkan” menjadi status organ fu istimewa, dan jantung menjadi raja tubuh dan tempat tinggal jiwa. Perbedaan ini tercermin dalam Essential Questions yang menyatakan :”Saya mengerti ada ajaran Tao yang memiliki pemahaman berbeda sama sekali dari sifat organ zang dan fu. Beberapa berkata otak dan sumsum tulang adalah organ zang… yang lain berpikir mereka adalah fu. Jika disajikan dengan tampilan lain dari mereka sendiri, mereka bersikeras bahwa penafsiran mereka yang paling benar.”. Kemudian teks Taoisme esoterik sangat dipengaruhi oleh sinshe hebat tertentu dari Dinasti Tang, Yuan dan Ming seperti Sun Si Miao, Zhang Jing Yue dan Li Shi Zhen. Pengertian mereka tentang peran otak dan meridian utama akupunktur mempengaruhi otak dan sumsum tulang, GV, kembali masuk ke kumpulan tulisan teori kedokteran Cina. Di waktu yang sama, tidak ada sinshe yang meragukan teori jantung dan jiwa sebagai dasar kontradiktif dari teori otak jiwa.
2. Pengaruh pengobatan modern
Semenjak dinasti Qing dan era Republik, pengetahuan anatomi barat mulai menyusup ke cina. Satu penulis dianggap telah dipengaruhi adalah Wang Qing Ren dalam bab “Otak (Mengoreksi kesalahan Pengobatan 1830) berkata :”Kecerdasan dan memori bergantung kepada otak.”
3. Hubungan timbal balik antara jantung, ginjal, saripati (jing), otak dan jiwa.
Spiritual Pivot berkata :”Otak adalah lautan sumsum tulang.” Dan adalah prinsip dasar dari kedokteran Cina yang mana ginjal memproduksi sumsum tulang terkait erat dengan fungsi ginjal menyimpan saripati, yang menutrisi otak dan saraf tulang belakang. Semua aspek organisme manusia datang bersama-sama dari esensi orang tua. “Saripati (jing) adalah sumber kehidupan, saat dua sumber (harfiah : perjuangan melwana satu sama lain), roh terbentuk.” Dan Classic of Categories berkata “Dua saripati, satu yin dan satu yang, bergabung… membentuk kehidupan; saripati ayah dan ibu bergabung membentuk roh.” Dengan kata lain, saripati pre-kelahiran, berasal dari orang tua, terkait erat dengan ginjal dan otak dan asal dari keberadaan manusia dan asal sumber jiwa. Ini adalah arti pernyataan dari Li Shi Zhen :”Otak adalah rumah/tempat tinggal dari jiwa asli” dan ditemkan di Record of Nourishing Xing and Extending Ming :”Jiwa adalah saripati. Jika kita dapat memelihara saripati, maka jiwa akan cerah. Jika jiwa cerah, maka kehidupan akan panjang umur.” Ada penulis lain menekankan hubungan antara otak dan jantung, yang merupakan refleksi hubungan vital antara ginjal dan jantung, air dan api.
Differentiation and Treatment of Disease berkata :”Jiwa manusia berada dalam jantung, dan esensi jantung bergantung sepenuhnya kepada ginjal. Dengan demikian, otak adalah rumah penyimpanan jiwa asli, lautan saripati sumsum tulang, dan ini dimana memori datang berasal.”
Naskah kuno Tao “Collected wisdom by Magic Sword” menulis :”Qi jantung berhubungan dengan istana Niwan di atas.” Niwan di tradisi Tao adalah satu pusat dari sembilan istana otak di mana berbagai jiwa bertemu, dan dianggap sebagai lokasi bahan dasar dari roh.. Niwan didiskusikan dalam beberapa teks Tao :” Asal esensi jiwa di otak dinamakan Niwan,” dan “Di tubuh manusia paling atas, adalah Tiangu Niwan, tempat di mana jiwa disimpan… Tiangu, adalah istana asli, kediamaan roh asli, di mana kecerahan mental dan spiritual hidup, aspek paling penting dari jiwa.”
Meridian GV pada jalur anterior melewati jantung,d an pada jalur posterior menembus otak. Hubungan antara otak dan jantung dibahas oleh Cheng Xing Gan yang berkata :”Saat sumsum penuh, berpikir akan jernih. Terlalu banyak berpikir membuat api jantung membakar otak… Sumsum berakar di saripati dan berhubungan turun dengan GV. Saat mingmen hangat dan menutrisi, sumsum menjadi penuh.” Jika kita mencoba lebih tepat penggunaan titik meridian GV, kita dapat menyarankan bahwa (i) indikasi titik-titik GV umumnya mencerimkan pola ketidakharmonisan ekses jiwa seperti mania drepresi. (ii) titik-titik GV khususnya mengobati gangguan psiko emosional disertai dengan kepenuhan dan ketidaknyamanan kepala, pusing, gangguan kesadaran dan epilepsi.
Limpa (Spleen/SP)
Lima tindakan utama SP/limpa :
Dominasi dalam transportasi dan transformasi cairan dan zat padat hasil pencernaan setelah "pembusukan dan pematangan" oleh lambung. Karenanya, SP memainkan peran utama dalam proses pencernaan, memproduksi qi dan xue, fungsi usus dan pengeluaran cairan tubuh pada saat dan tempat yang tepat/
Mengatur darah, dominasi peran pertama dalam pembentukan dan penempatan di tempat yang sesuai, dan mencegah pendarahan.
Dominasi otot dan empat anggota gerak, menyediakan kekuatan dalam jumlah besar
Hubungan luar dengan mulut, dominasi dalam mencicipi rasa makanan
Mengontrol peningkatan qi dalam melawan tenggelam dan jatuh.
Aksi dan indikasi meridian SP:
Mengobati kegagalan fungsi transportasi dan transformasi, dalam bentuk borborygmus, tinja lembek, sisa makanan yang tidak tercerna dalam tinja, tidak nafsu makan, dll.
Mengobati gangguan usus seperti disentri, diare, konstipasi.
Mengobati vetention kelembaban karena stagnasi qi sehingga perut nyeri dan kembung, oedema, badan berat, urat dan otot sakit, anggota gerak bengkak, susah BAK, leukorhea, suka tidur/ngantuk, lesu, dll.
Menguatkan qi dan xue
Menghancurkan stagnasi darah, khususnya di rahim dan darah dingin
Memperkuat fungi SP dalam mempertahankan darah di tempat yang tepat
Mengobati sesak nafas, rasa penuh dan gangguan di dada, daerah iga lateral, mendesah, dll.
Menenangkan dan mengatur jiwa
Mengobati gangguan alat kelamin.
Catatan tambahan :
Perjalanan meridian dalam SP bergabung dengan CV di bawah pusar CV-3 Zhongzi dan CV-4 Guanyuan dan di atas pusar dengan CV-10 Xiawan
Meridian dalam SP melewati hipokondrium (bertemu meridian GB dan LR di GB-24 Riyue dan LR-14 Qimen).
Perjalanan meridian dalam SP naik melewati dada bertemu meridian LU di LU-1 Zhongfu, sementara meridian otot menyebar di dada.
Perjalanan meridian dalam SP melewati daerah iga lateral di SP-17 Shidou, SP-18 Tianxi, SP-19 Xiongxiang, SP-20 Zhourong, SP-21 Dabao
Perjalanan meridian dalam SP dan meridian divergent berhubugan dengan lidah
Perjalanan meridian dalam SP berhubungan dengan organ jantung
Meridian luo SP berhubungan dengan usus
Meridian otot SP bertemu di alat kelamin luar.
Ginjal (Kidney/KI)
Fungsi utama KI/ginjal adalah:
Menyimpan intisari dan dominasi reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan
Produksi sumsum, mengisi otak, dominasi tulang dan membantu produksi darah.
Dominasi air
Mengontrol penerimaan qi
Berhubungan luar dengan telinga dan dominan dalam dua yin bawah (anus dan rahim)
Tambahan KI yang perlu diketahui:
Adalah organ zang terbawah
Akar dari original yin dan yang di tubuh
Bergaul dan mengontrol api mingmen
Rumah dari kemauan/hasrat
Adalah dasar dari meridian CV dan chong yang berasal dari rahim, sementara menurut Essential Questions :"Pembuluh dari uterus berhubungan dengan ginjal."
Catatan tambahan yang perlu diingat:
Perjalanan meridian dalam KI memotong meridian CV di CV-3 Zhongzi dan CV-4 Guanyuan
Perjalanan meridian dalam KI naik ke atas melewati LR, diafragma, LU dan HT
Perjalanan meridian dalam KI naik menuju kerongkongan
Perjalanan meridian dalam dan meridian divergen naik ke akar lidah
Perjalanan meridian dalam, otot dan luo menyebar ke tulang belakang
Meridian otot KI bukan meridian dalam KI, naik ke alat kelamin
Aksi dan indikasi titik akupunktur KI :
Akar patologis naik panas, Qi, Yang dan angin. Ki adalah organ zang terbawah (di jiao bawah) dan akar dari yin tubuh. Saat yin defisien, defisiensi panas atau pemberontakan Yang atau angin dalam akan naik ke tenggorokan, telinga, mata dan kepala. Titik-titik meridian KI biasanya digunakan untuk menutrisi yin (KI-3 Taixi) dan kuat dalam menunrukan patogen dari kepala (contoh : KI-1 Yongquan).Menutrisi yin dan membersihkan defisiensi panas dalam mengobati keringat malam, kekurangan tenaga, gangguan haus, dll.Menutrisi air ginjal untuk menyeimbangkan api berlebihan di jantung, menyelaraskan hasrat/kemauan dan jiwa dalam pengobatan kegelisahan, insomnia, daya ingat kurang, palpitasi, epilepsi, mania, rentan terhadap ketakutan, dll.
Akar dari Qi dan menyelaraskan hubungan antara KI dan LU dalam mengobati batuk, batuk berdarah, sesak nafas, asma, mengi, dll.
Menguatkan Yang KI untuk menguatkan fungsi KI dalam dominasi air dalam pengobatan oedema dan defisiensi gangguan tipe kemih.Sesuai dengan karateristik umum dari meridian, khususnya meridian Yang, titik-titik KI memiliki efek lebih kuat di meridian secara keseluruhan bukan hanya area lokal saja. Ini dapat diamati pada indikasi titik BL-60 Kunlun sampai BL-64 Jianggu, untuk gangguan meridian BL di kepala, punggung atas dan bawah, tungkai kaki bawah dan kaki.
REN/CV (Conception Vessel)
Meridian CV adalah satu dari delapan meridian istimewa. Bersama dengan meridian GV, mereka berbeda karena meridian CV dan GV memiliki titik akupunktur tersendiri sehingga mereka sering dimasukkan dalam 12 meridian utama (totalnya 14 meridian). Enam meridian istimewa lainnya tidak memiliki titik akupunktur tersendiri melainkan meminjam titik dari 14 meridian lainnya.
Meridian CV naik di sepanjang garis tengah tubuh depan.
Seperti uraian di atas, cabang meridian CV masuk ke tulang belakang dan naik menuju punggung, sementara cabang dari meridian GV naik menuju ke garis tengah tubuh depan. Li Shi Zhen mengatakan :"CV dan GV seperti tengah malam dan tengah hari, mereka adalah poros kutub tubuh... Ada satu sumber dan dua cabang, satu menuju ke depan dan yang lain menuju ke belakang tubuh... Saat kami mencoba memisahkannya, kami melihat bahwa yin dan yang tidak dapat dipisahkan; dan saat kami mencoba melihat mereka sebagai suatu kesatuan, kami melihat sebagai suatu keseluruhan yang tak terpisahkan."
Penting untuk dicatat:Menurut Spiritual Pivot, meridian CV berasal dari rahim wanita.Perjalanan meridian dalam CV memutar sekitar mulut dan berakhir di bawah mata.
Aksi dari meridian CV:
Mengobati gangguan area lokal. Semua titik meridian CV di bawah pusar mengobati gangguan kemih dan defekasi, penyakit kelamin, stagnasi di perut bawah dan rahim serta gangguan menstruasi. CV-8 Shengque dan CV-9 Shuifen untuk mengobati gangguan usus dan perut. Dari CV-10 ke CV-21 Xuanji untuk mengobati stagnasi dan pemberontakan Qi ST, walaupun lokasi mereka hingga dada atas. Dari CV-13 Shangwan ke atas, kebanyakan mengobati gangguan jantung; dan dari CV-14 Juque ke atas mengobati paru-paru dan dada.
Terletak di daerah lunak, lentur dan Yin tubuh depan, titik CV memungkinkan akses langsung ke organ zangfu. Enam dari titik mu depan terletak di meridian CV (CV-3 = BL, CV-4 =SI, CV-5 = SJ, CV-12= ST, CV-14 = HT, CV-17 = PC). Dalam kasus terbanyak, ini adalah titik dasar penting untuk mengatur organ zangfu masing-masing.
Perut bawah adalah lokasi dari dantian (cinnabar field), rumah dari energi terdalam tubuh. CV-4 Guanyuan dan CV-6 Qihai adalah titik paling penting menguatkan dan menutrisi tubuh. Sepanjang CV-8 Shengque, mereka dapat menyelamatkan Yang dan mengembalikan kesadaran dalam kasus runtuhnya Yang.
Catatan :
DU-1 Changqiang diklasifikasikan sebagai titik pertemuan antara meridian CV dan GV, walaupun tidak biasanya ditunjukkan seperti ilustrasi dari perjalanan utama meridian CV.
Diposkan 23rd April 2012 oleh Elvida-Yip
Usus Kecil (Small Intestine/SI)
SI/Usus kecil merupakan meridian tayyang tangan, berunsur api, berhubugnan luar dalam dengan api dan HT, berpasangan dengan BL (meridian tayyang kaki) menurut teori 6 meridian.
Sejauh jalannya meridian SI yang bersangkutan perlu dicatat bahwa:
Perjalanan meridian dalam dan divergent berhubungan dengan jantung
Perjalanan meridian dalam dan otot melintasi ke aspek bahu belakang, sementara meridian luo berhubungan dengan LI-15 Jianyu
Meridian divergent dan otot berhubungan dengan ketiak
Perjalanan meridian dalam berhubungan dengan tulang belikat, dan meridian otot mengelilingi tulang belikat.
Meridian dalam dan otot berhubungan dengan leher, pipi, outer canthus dan telinga
Perjalanan meridian dalam SI juga berhubugan dengan inner canthus
Meridian otot berhubungan dengan proses mastoid, gigi dan ujung dahi.
Aksi dan indikasi meridian SI:
Membersihkan panas dari jalan meridian dan menurunkan demam, khususnya demam malaria (SI-1 Shaoze dan SI-4 Wangu).
Membantu dalam mengubah reak dan membersihkan panas dari organ zang, khususnya dalam pengobatan gangguan jiwa (SI-3 Houxi, SI-5 Yanggu, SI-7 Zhizheng dan SI-8 Xiaohai)
Mendinginkan panas dan api, serta mengurangi nyeri sepanjang perjalanan meridian di lengan, ketiak, bahu, tulang belikat, leher (termasuk penyakit gondok), tenggorokan, rahang mulut, gigi, lidah, hidung, pipi, mata dan telinga. Titik SI juga untuk bengkak (terutama di leher, tenggorokan dan pipi).
Mengobati gangguan payudara (SI-1 Shaoze, SI-2 Qiangu, dan SI-11 Tianzong) dan daerah iga lateral (SI-1 Shaoze, SI-4 Wangu, SI-5 Yanggu, SI-11 Tianzong). Pertemuan meridian dalam SI dengan tengah dada di CV-17 Shanzhong menjelaskan aksi titik ini untuk payudara, tetapi tidak ada alasan jelas kenapa titik SI mampu menyebar ke daerah lateral iga.
Perlu dicatat walaupun tindakan/fungsi SI untuk menerima, mengubah, dan memisahkan cairan tubuh, indikasinya hanya berhubungan dengan fungsi urin gelap dan bimbang (SI-2 Qiangu, dan SI-3 Houxi). Bahkan lebih khususnya, walaupun kenyataan meridian berhubungan dengan diafragma dan ST, melewati CV-12 Zhongwan dan CV-13 Shangwan dan turun di SI, tidak ada titik untuk gangguan sistem pencernaan.
Jantung (Heart/HT)
Lima tindakan fungsi HT/jantung:
memerintah darah dan pembuluh darah rumah dari jiwa berhubungan luar dengan lidah.
menguasai keringat
terwujud dalam warna kulit
Aksi dan indikasi jantung/HT :
Mengobati nyeri dada dan jantung, gangguan ritme jantung. Menurut Essential Questions :"Semua darah berkaitan dengan jantung" dan "jantung memerintah/dominasi pembuluh darah di tubuh." Qi jantung dan Qi LU (dimana meridian HT berhubungan) dominasi dalam mengumpulkan Qi, oleh sebab itu sirkulasi darah melewati dada sebagaimana ritme jantung. Semua titik meridian HT (kecuali HT-2 Qingling) mengobati nyeri baik jantung dan dada, palpitasi dan gangguan ritme jantung. Nyeri akut jantung dan dada bisa menyebar sepanjang meridian HT di lengan kiri, turun ke perut (perjalanan meridian dalam dan meridian otot) atau naik ke atas tenggorokan (perjalanan meridian dalam dan meridian divergent). Dalam pengobatan sehari-hari, titik meridian PC sering digunakan untuk nyeri dada dan jantung, sementara gangguan ritme jantung digunakan digunakan titik-titik dari kedua meridian (HT dan PC).
Mengatur dan menenangkan jiwa. Menurut Spiritual Pivot :"Jantugn mengontrol pembuluh darah, sementara pembuluh darah adalah tempat tinggal roh". Dan Essential Questions berkata :"Jantung menyimpan jiwa". HT-5 Tongli dan HT-7 Shenmen keduanya titik paling penting dalam menyelaraskan dan menenangkan jiwa. Saat kehilangan keharmonisan karena defisiensi akibat kekurangan nutrisi diagitasi oleh panas dan api, atau dikaburkan oleh reak.
Mengobati gangguan lidah dan bicara, termasuk suara hilang, lidah kaku, lidah nyeri dan bengkak.Mengobati gangguan tenggorokan seperti nyeri, bengkak dan mampet.Mengobati gangguan mata. Meridian HT berhubungan dengan mata, ini bisa dijelaskan kenyataan meridian HT milik api dan titik meridian HT untuk membersihkan panas dari tubuh, termasuk mata seperti kemerahan, nyeri dan bengkak.
Mengobati berbagai gangguan wajah dan corak kulit, oleh karennaya Ma Dan Yang berkata HT- Shenmen :"Saat ekses... kepala, pipi dan muka akan merah. Sedangkan saat defisien,... tanpa ekspresi wajah"
Catatan tambahan :
Cabang dari perjalanan meridian dalam HT di sepanjang sisi kerongkkongan.Cabang dari perjalanan meridian dalam HT berhubungan dengan jaringan sekitar mata, meridian divergent naik menuju inner canthus, dan meridian luo HT naik mata
Meridian divergent HT muncul di muka
Meridian luo HT naik ke akar lidah
Tiga Pemanas (Sanjiao/SJ)
Meridian SJ adalah meridian tangan shaoyang, berunsur api, sejodoh dengan meridian PC, berpasangan dengan meridian GB kaki shaoyang menurut teori 6 meridian.
Catatan tambahan :
Perjalanan meridian dalam SJ melewati dan berhubungan dengan jiao atas, tengah dan bawah.Perjalanan meridian dalam SJ turun di antara payudara ke CV-17 Shanzhong
Perjalanan meridian dalam SJ naik baik depan dan belakang ke telinga, masuk ke telinga.Perjalanan meridian dalam SJ naik ke aspek inferori mata; meridian dalam dan otot ke outer canthus mata.Meridian divergen SJ menyebar ke vertex.Meridian otot SJ berhubungan dengan akar lidah.Meridian dalam SJ naik melewati pipi.
Aksi dan indikasi meridian SJ:
Menurunkan demam. Meridian SJ berunsur api dan banyak titik SJ untuk demam, khususnya PPL (Penyebab Penyakit Luar). Sejauh perbedaan demam menurut empat tingkatan, meridian SJ mengobati demam pada tingkatan defensif dan Qi, sementara meridian PC mengaobati demamm di level nutrisi dan darah, walaupun banyak titik SJ (dimana PC dan SJ digabungkan) mampu mengobati keduanya. Sejauh perbedaan demam menurut teori sanjiao, titik SJ untuk mengobati demam yang mengenai jiao atas bentuk LU, walaupun titik-titik SJ paling banyak untuk mengobati jiao atas bentuk PC. Sejauh tingkatan demam menurut teori 6 meridian, Spritual Pivot dan Essential Questions menyatakan :"Taiyang adalah pembuka, yangming adalah penutup dan shaoyang adalah sumbu." Sanjiao adalah shaoyang (poros di antara eksterior dan interior) dan beberapa titik meridian ini untuk panas dingin, demam dan malaria, indikasi karakteristik bentuk shaoyang. Aksi membersihkan panas dari titik meridian Sanjiao meluas terhadap membersihkan panas dari seluruh daerah yang dilalui oleh meridian tersebut.
Membetulkan telinga. Berbagai bagian meridian SJ mengelilingi atau masuk ke telinga. Dan banyak titik SJ untuk gangguan telinga seperti tinnitus dan tuli, khususnya karena panas, pemberontakan Yang atau faktor patogen ekses.
Membersihkan panas dari mata, khususnya angin panas dan panas LR-GB.
Membersihkan panas dari leher, tenggorokan dan lidah.
Menenangkan jantung dan jiwa. Hubungan dekat antara meridian SJ dan PC, banyak titik SJ untuk nyeri dada dan jantung seperti agitasi, gelisah, mania, epilepsi dan manifestasi lain dari gangguan jiwa.
Mengobati sakit kepala. Meridian shaoyang melewati pelipis dan sisi kepala, dan titik meridian SJ banyak digunakan untuk sakit kelapa yang mempengaruhi daerah ini.
Menyelaraskan tiga jiao. SJ-5 Waiguan dan SJ-6 Zhigou khususnya, mengatur jiao tengah dan jiao bawah dalam pengobatan muntah hdan konstipasi.
Perikardium (Pericardium/PC)
Pericardium adalah selaput jantung, fungsi utamanya melindungi jantung dari faktor patogen luar. Di buku "Yellow Emperor's Inner Classic" pericardium tidak dimasukkan ke dalam organ zangfu, dan ini sering terlihat dalam diskusi TCM yang selalu menyebutkan "lima organ zang dan enam organ fu". Walaupun tidak termasuk organ zang yang mempunyai ciri-ciri tersendiri, tetapi lebih menempel ke jantung/HT, meridian PC paradoks pada awalnya dianggap sebagai meridian utama untuk gangguan jantung yang hebat.
Sehingga di dalam Spiritual Pivot, Kaisar Kuning bertanya kepada Qi Bo, "Kenapa meridian tangan shaoyin tidak memiliki titik shu?" Qi Bo menjawab," Shaoyin adalah meridian jantung, jantung adalah guru besar dari 5 organ zang dan 6 organ fu. Dan organ jantung adalah tempat tinggal dari jiwa/roh. Jantung menyimpan dengan tegas bahwa tidak ada patogen yang dapat datang untuk bersemayam. JIka terjadi, jantung akan terluka dan jiwa akan terpisah. Jika jiwa/roh terpisah, maka terjadi kematian. Ini karena bahwa patogen ditakdirkan untuk menyerang jantung yang akan menyerang pericardium. Pericardium adalah meridian yang dikontrol oleh jantung, sehingga hanya jantung yang tidak memiliki titik shu."
Di bab 2 Spriitual Pivot, Qi Bo menjelaskan meridian jantung (daripada meridian PC) berasal dari PC-9 Zhongchong, PC-8 Laogong, PC-7 Daling dan sejauh PC-3 Quze. Di bab lain Spiritual Pivot, bagaimanapun, membahas titik-titik meridian jantung, contoh : HT-7 Shenmen untuk gangguan jantung, terlihat dalam beberapa kontradiksi yang melekat dalam sebuah teks yang ditulis oleh penulis yang berbeda pada masa yang berbeda. Ini tidak sampai "Systematic Classic of Acupuncture and Moxibustion" ditulis pada abad III, dimana titik shu meridian HT pertama kali didiskusikan.
Catatan tambahan :
Dari PC-6 Neiguan, meridian luo melintasi jantung, menguatkan pericardium-jantung
Perjalanan dalam PC berasal dari dada, meridian divergent masuk ke dada, dan meridian otot PC menyebar di dada.
Perjalanan meridian dalam PC turun melewati diafragma dan meridian otot mengikat di diafragma
Perjalanan meridian dalam dan divergen berhubungan dengan jiao atas, tengah dan bawah
Meridian otot menyebar melewati tulang rusuk depan dan belakang.
Aksi dan indikasi meridian PC:
Mengobati gangguan organ HT, seperti nyeri, palpitasi, ritme jantung tidak teratur, dll.
Mengobati gangguan jiwa
Mengobati gangguan dada secara umum, termasuk disharmoni LU.
Mengobati gangguan jiao atas/tengah karena stagnasi Qi, meridian LR kaki jueyin dimana meridian PC dipasangkan menurut teori 6 meridian.Mengobati gangguan jiao tengah, khususnya lambung.Mengobati gangguan tulang iga lateral (meridian otot PC menyebar di tulang rusuk depan dan belakang)
Mengobati demam: PC berunsur api, mengambil beban untuk serangan patogen luar yang mungkin sebaliknya melukai jantung. Titik PC penting dalam pengobatan demam, khususnya dalam level nutrisi dan Qi; dan bila ada gangguan kesadaran.
Menogbati nyeri ketiak dan bengkak.
Kandung Empedu (Gall Bladder/GB)
Meridian GB kaki shaoyang berunsur kayu, hubungan luar dalam dengan meridian LR dan sejodoh dengan meridian tangan shaoyang SJ menurut teori 6 meridian.
Dua fungsi tindakan GB adalah menyimpan dan mengekskresikan empedu; menguasai keberanian, pengambilan keputusan dan penilaian.
Catatan tambahan yang perlu diingat:
Perjalanan meridian dalam GB dimulai dari outer canthus dan berjalan ke daerah infraorbital, sementara meridian divergen berhubungan dengan mata.
Meridian dalam GB berselang lintas sisi kepala dan bertemu titik SJ-22 Erheliao, SJ-20 Jiaosun, ST-8 Touwei di daerah ini.
Meridian dalam GB melewati rahang dan tenggorokan.
Meridian dalam GB turun ke dada dan berhubungan dengan meridian PC di PC-1 Tianchi
Meridian dalam GB dan divergen melewati depan ke ketiak
Meridian otot GB berhubungan dengan payudara.
Meridian divegen GB berhubungan dengan jantung
Merididan dalam GB melewati daerah inguinalis dan mengelilingi alat kelamin.
Merididan dalam GB dan meridian divergen menuju ke sacrum dan meridian dalam berhubungan dengan DU-1 Changqiang.
Aksi dan indikais meridian GB:
Mengobati gangguan mata, khususnya karena PPL angin-panas, atau meridian LR dan GB panas.
Mengobati gangguan telinga, khsuusnya karena PPL angin panas atau meridian LR dan GB panas.
Mengobati sakit kepala, khususnya sakit kepala sebelah mempengaruhi meridian shaoyang di pelipis dan sisi kepala.
Mengobati kelainan hati/LR. LR memerintah kelancaran aliran Qi, dan saat aliran Qi terganggua, akan terjadi stagnasi Qi. Di waktu bersamaan, LR dan GB dipercaya terhadap bawahan api dan stagnasi Qi langsung berubah menjadi api. Jika api LR konsumsi yin, akan terjadi bentuk Yang LR naik. Sementara api LR atau Yang LR dapat menghasilkan angin dalam. Stagnasi Qi LR, api LR, Yang LR dan angin LR, semua dapat terwujud sepanjang meridian GB di kepala, telinga, mata, dada, payudara dan daerah iga lateral.
Mengobati gangguan reak, penyakit kelenjar dan nodul. Aliran lancar cairan tubuh adalah bagian dari ketergantungan dari kebebasan Qi LR mengalir, ementara api LR akan mengentalkan cairan tubuh menjadi reak. Titik-titik GB untuk stagnasi Qi dan reak (dan akibatnya) membengkak dannodulation di tenggorokan, supraclavicular fossa, ketiak dan payudara, semua daerah yang dilalui oleh meridian utama GB dan meridian kedua.
Membersihkan lembap-panas dari organ fu GB, terwujud dalam penyakit kuning, nyeri di daerah iga lateral, mual dan muntah, demam, dsb.
Membersihkan faktor patogen dari level shaoyang menjadi panas dingin dan demam, rasa pahit di mulut, nyeri hypochondriac, rasa kering di mulut dan tenggorokan, mual dan muntah.
Mengobati gangguan jiwa dan jiwa halus (Hun) : i. GB memerintah penilaian, pengambilan keputusan dan keberanian ; ii. meridian divergen masuk ke jantung; iii. GB (kayu) adalah ibu dari jantung (api). Titik-titik meridian GB mampu mengobati jiwa dan jiwa halus (hun) karena terutama GB dan api LR atau defisiensi Qi GB .
Meridian Tay hanya melewati tiga titik akupunktur : GB-26 Daimai, GB-27 Wushu dan GB-28 Weidao, sementara titik induk meridian istimewa Tay adalah GB-41 Zulinqi. Oleh sebab itu meridian istimewa terutama dipengaruhi dengan memilih titik-titik GB.
Titik dominan otot (GB-34 Yanglingquan) dan sumsum (GB-39 Xuanzhong) milik GB yang melintasi bagian lateral dari seluruh meridian ini, karennay, penting dalam pengobatan gangguan seperti gangguan atrofi dan obstruksi nyeri.
Hati (Liver/LR)
Lima fungsi utama LR/Hati :
Menyimpan darah
Menyebarkan (mempertahankan arus bebas) Qi.Dominasi tendon.Berhubungan luar dengan mata.Terwujud dalam bentuk kuku.
Tambahan tentang LR/hati yang perlu diingat:
Organ zang LR berunsur kayu dan berhubungan dengan angin
LR memerintah pendakian/kenaikan. Saat disharmonisasi, Qi LR akan naik berlebihan
LR ditugaskan dengan api mingmen dimana saat disharmonisasi, mudah berkobar ke atas sebagai patologis panas.Fungsi LR mengalir bebas (Qi) membantu pegerakan qi di organ zangfu, khususnya menurunkan Qi LU dan ST, menaikkan Qi SP.Fungsi LR mengalir bebas (Qi) membantu fungsi transformasi qi BL.
LR menyimpan jiwa halus (hun) dan sebagai organ zang kayu, LR adalah ibu dari HT (jantung).LR menyimpan darah dimana mengalir ke meridian CV dan meridian chong menjadi darah menstruasi, dan Qi LR bergantung jawab terhadap kelancaran menstruasi.LR sangat erat kaitannya dengan emosi seperti marah, iritabilitas, aneh, frustasi, kesal.
Meridian LR jueyin kaki berhubugan luar dalam dengan meridian GB, dan sejodoh dengan meridian PC jueyin tangan berdasarkan teori 6 meridian.
Catatan tambahan:Perjalanan meridian dalam, luo, dan otot menuju ke alat kelamin, sementara meridian divergen naik ke daerah pubis.Perjalanan meridian dalam LR masuk ke perut bawah.Perjalanan meridian dalam LR membelok ke sekitar lambung.Perjalanan meridian dalam LR menyebar di paru-paru.Perjalanan meridian dalam LR naik ke belakang tenggorokan.Perjalanan meridian dalam LR melewati naso-pharynx.Perjalanan meridian dalam LR berhubungan dengan sistem mata (jaringan dalam mata).Perjalanan meridian dalam LR naik ke puncak memotong meridian GV di DU-20 Baihui, titik paling tinggi yang diraih oleh meridian yin.
Aksi dan indikasi meridian LR :
Menyelesaikan gangguan dan nyeri karena stagnasi Qi LR di kepala, tenggorokan, dada, jantung, paur-paru, lambung, perut, daerah lateral iga, perut bawah, usus, dan alat kelamin.Membantu penurunan Qi Lu dan Qi ST, menaikkan Qi SP.Menenteramkan angin dalam dan pemberontakan Yang sehingga sakit kepala, pusing, epilepsi, kejang, dll.Mendinginkan api LR yang mempengaruhi setiap daerah tubuh.Membetulkan mata.Mengobati gangguan karaterisik nyeri dan bengkak di alat kelamin luar (penis) seperti mani emisi, gangguan ejakulasi, priapsm, dan impoten.Mengatur menstruasi dan jadwal menstruasi.Mengobati gangguan shan (kategori luas yang mencakup hernia, alat kelamin bengkak dan nyeri, dan nyeri parah di perut bawah).Mengobati gangguan kemih seperti retensi urin, disfungsi nyeri kemih, sering pipis, inkontinensia, dll.Mengobati nyeri pinggang.Mengobati gangguan psiko emosional berasal dari defisiensi darah LR, stagnasi Qi LR atau api LR, yang semuanya mengganggu jiwa halus dan jiwa.
Usus Besar (Large Intestine/LI)
Fungsi LI adalah menerima sampah material yang berasal dari SI, menyerap cairan, isi dan bentuknya, sisanya menjadi tinja untuk dikeluarkan. Meridian LI memiliki aksi di usus dan perut bawah (khsuusnya pengobatan borborygmus dan diare) juga konstipasi.
Menurut Spiritual Pivot, "Meridian yangming penuh qi dan darah". Titik-titik di lengan dan kaki dari meridian yangming, banyak digunakan untuk mengatur qi dan xue di anggota gerak, gangguan pertumbuhan, hemiplegia dan nyeri.
Titik LI yang paling sering digunakan untuk membuang Yang ekses, bentuk panas dan demam adalah LI-4 Hegu dan LI-11 Quchi.
Aksi dan indikasi utama meridian LI adalah :
mengobati semua gangguan meridian yangming di kelapa, termasuk muka, pipi, dahi, mata, hidung, bibir, gusi dan gigi.
mengobati gangguan telinga (meridian luo LI)
membuang angin, dingin, panas dari tubuh bagian luar
membuang angin-panas, panas dalam dan racun api dari area yang dilalui oleh meridian, khususnya kepala.
membersihkan api yangming yang mengganggu jantung dan jiwa
membantu fungsi LU dalam membuka saluran air.
Catatan tambahan :
Meridian dalam LI masuk ke gusi melalui gigi bawah.
meridian dalam LI menyeberang ke sisi kontralateral dari wajah di DU-26 Renzhong meridian otot LI naik ke sudut dahi dan melewati ubun-ubun berhubungan dengan mandibula berlawanan meridian luo LI mask ke telinga dan gigi meridian divergent LI turun ke payudara meridian otot LI menmepel pada tulang belakang dada bagian ats dan meridian divergent berjalan tengah ke spinal column.
Paru-Paru (Lung/LU)
Lima aksi utama dari LU/Paru-paru:
Memerinta qi dan mengatur pernafasan
Mengontrol penyebaran dan penurunan
Mengatur bagian air
Mengatur kulit dan bulu tubuh
Berhubungan luar dengan hidung.
Aksi dan indikasi meridian LU
Mengobati Qi LU yang memberontak terwujud dalam gangguan pernapasan, contoh: batuk, sesak nafas, mengi, asma dan nafas pendek. Memulihkan fungsi LU dalam penyebaran saat terganggu karena PPL dimana tersangkut di tubuh bagian superficial.Mengobati gangguan hidung, termasuk mimisan, dan obstruksi hidung.Menogati gangguan tenggorokan, seperti kering, nyeri, macet, sakit, dan bengkak.Mengobati oedema dan urine yang terhambat karena fungsi LU terganggu dalam bagian air dalam penyebaran dan penurunan.
Mengobati muntah karena qi ST yang memberontak.
Catatan tambahan:
Meridian dalam LU berasal dari jiao tengah daerah lambung.Meridian dalam LU dan meridian divergent naik ke tenggorokan.Meridian LU tidak langsung berhubungan dengan hidung, tetapi secara tidak langsung melalui meridian LI.
No comments:
Post a Comment